Rabu, 12 Agustus 2009

Faktor risiko PGK


Untuk memahami lebih jauh mengenai penyakit ginjal, Anda perlu mengetahui faktor-faktor risiko yang dapat menimbulkan penyakit ini. Faktor risiko ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu faktor risiko yang dapat dimodifikasi (dapat diubah) dan yang tidak dapat dimodifikasi.
Faktor risiko yang dapat Anda modifikasi, yaitu:

1.Diabetes
Diabetes tipe 2 merupakan penyebab nomor satu
Penyakit Ginjal Kronik (PGK).
Dengan mengendalikan kadar gula darah risiko terjadinya kerusakan ginjal dapat dicegah.

2.Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Tekanan darah tinggi yang berkelanjutan dapat merusak atau mengganggu pembuluh darah halus dalam ginjal yang lama kelamaan dapat mengganggu kemampuan ginjal untuk menyaring darah.

Dengan menjaga berat badan tetap ideal, berolahraga secara teratur, dan menggunakan obat-obatan yang sudah diresepkan dokter dapat membantu mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit ginjal menjadi gagal ginjal.

3.Mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri
Mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri yang mengandung ibuprofen secara berlebihan maupun dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan timbulnya nefritis intersitialis, yaitu peradangan ginjal yang dapat mengarah pada gagal ginjal.

Jika Anda mengalami gangguan fungsi ginjal dan sedang mengkonsumsi obat-obatan secara rutin, coba konsultasikan dengan dokter. Untuk obat baru, konsultasikan dengan dokter bila Anda mengalami gejala-gejala tertentu.

4.Penyalahgunaan obat-obatan/zat tertentu
Pemakaian obat-obatan terlarang, seperti heroin atau kokain, dapat menyebabkan kerusakan fungsi ginjal yang dapat mengarah pada gagal ginjal.

>5.Radang
Penyakit-penyakit tertentu, seperti glomerulonefritis (radang pada glomerulus/unit penyaring ginjal) dapat merusak ginjal, sehingga ginjal tidak bisa lagi menyaring zat-zat sisa metabolisme tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut, biasanya dokter akan meminta Anda melakukan serangkaian pemeriksaan di laboratorium.

Beberapa faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi, adalah:

1.Riwayat keluarga penyakit ginjal
Jika ada anggota keluarga yang menderita PGK, atau yang sedang menjalani dialisis, atau transplantasi ginjal, Anda memiliki risiko mengalami penyakit ini. Salah satu jenis penyakit yang bersifat diturunkan adalah penyakit ginjal polikistik, yaitu penyakit ketika jaringan normal ginjal secara perlahan digantikan oleh kista-kista berisi cairan.

2.Kelahiran prematur
Bayi prematur (lahir kurang dari 32 minggu kehamilan) berisiko memiliki penumpukan endapan kalsium di bagian nefron ginjal, yang dikenal dengan nefrokalsinosis. Hal ini mungkin disebabkan oleh menurunnya kemampuan menghambat proses penggumpalan kristal akibat beban kalsium yang disaring meningkat dan ekskresi sitrat berkurang. Bila tidak diatasi, bayi yang memiliki kondisi seperti ini memiliki risiko untuk menderita gangguan fungsi ginjal di kemudian hari.

3.Usia
Seiring dengan pertambahan usia, fungsi ginjal pun dapat menurun.

4.Trauma atau kecelakaan
Kecelakaan, cedera, beberapa jenis operasi, juga dapat mengganggu atau merusak ginjal.

5.Jenis penyakit tertentu
Jenis penyakit-penyakit tertentu dapat meningkatkan risiko terjadinya PGK. Penyakit-penyakit ini antara lain penyakit lupus, anemia sel sabit (sickle cell anemia), kanker, AIDS, hepatitis C dan gagal jantung berat.

http://www.sahabatginjal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar