Selasa, 04 Agustus 2009

Tips Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal


Ginjal adalah suatu bagian tubuh yang sangat penting karena mempunyai fungsi dan tugas yang sangat mulia, yaitu menghilangkan sisa-sisa air kotor, atau sampah dan racun hasil metabolisme yang berlebihan di dalam tubuh, membantu mengatur tekanan darah, mengatur keseimbangan kimia dalam tubuh, memelihara tulang agar tetap kuat, memberi perintah kepada tubuh untuk membuat sel darah merah dan menolong anak-anak tumbuh dengan normal.

Karena fungsinya yang demikian kompleks dan penting, makannya ginjal harus kita sayangi, bukannya mencegah lebih baik daripada mengobati, di sini saya hanya bernagi tips untuk mencegah agar ginjal kita terhindar dari terbentuknya batu ginjal :

  1. Minum air putih yang cukup, kurang lebih 8 gelas tiap hari, atau kurang lebih 2 - 2,5 liter. Tujuannya agar menghasilkan air seni yang cukup untuk membilas zat-zat kimia yang mungkin akan mengendap di batu ginjal.
  2. Seringlah mengkonsumsi buah-buahan yang banyak manfaatnya bagi tubuh terutama ginjal. Buah ini sering disebut sebagai pencuci darah alami.
  3. Perhatikan kesehatan gigi, karena gigi yang berlobang atau terkena infeksi bisa berpengaruh pada ginjal.
  4. Jika memungkinkan konsumsilah air mineral.
Mudah-mudahan dengan tips diatas ginjal kita kerjasanya semakin optimal dan jauh dari penyakit ginjal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar