Rabu, 23 September 2009

Mengenal Ginjal dan Hemodialisis Lebih Dekat

Ginjal, 2 buah organ mirip kacang yang besarnya kira-kira sekepal tangan kita, terletak di kedua sisi bawah tulang punggung. Ginjal kanan letaknya di bawah hati, oleh sebab itu maka lebih rendah dari pada ginjal kiri. Setiap gerak kehidupan manusia memerlukan energi yang didapat dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi setiap hari. Pada saat metabolisme berlangsung di dalam tubuh, dikeluarkan pula limbah metabolisme sebagai produk sampingan serta racun lainnya melalui darah ke ginjal dan dikeluarkan dalam bentuk air seni.

Ginjal bekerja keras untuk membersihkan seluruh volume darah di tubuh, kurang lebih 240 kali sehari atau 1800 liter darah setiap hari atau 120 cc/menit. Air seni yang terbentuk di ginjal disalurkan melalui saluran kemih ke kandung kemih. Bila jumlah air seni di kandung kemih sudah banyak, maka akan timbul rangsangan untuk buang air kecil. Jumlah air seni yang dikeluarkan setiap hari berkisar antara 1 sampai 2 liter.

Bagaimana bentuk ginjal dan bagaimana ginjal bekerja serta bagaimana hemodialisis berlangsung pada pasien gagal ginjal dapat Anda saksikan pada vidio di bawah ini.




Mudah-mudahan artikel yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita. Betapa hebatnya kekuasaan Allah dan ini menjadi ayat bagi kita agar lebih dekat lagi dengan Sang Kholiq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar