Selasa, 13 Oktober 2009

39 Tahun Yang Lalu


Tepat tanggal ini (13 oktober 1970),39 tahun lalu saya dilahirkan oleh seorang ibu yang sudah mempunyai 10 anak. Bisa dibilang hari ini adalah hari ulang tahun saya yang ke 39. Ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang, menandai hari dimulainya kehidupan di luar rahim. Dalam beberapa kebudayaan, merupakan suatu kebiasaan untuk merayakan peringatan ulang tahun seseorang, contohnya dengan mengadakan pesta ulang tahun dengan keluarga dan/atau teman. Hadiah sering diberikan pada orang yang merayakan ulang tahun. Juga merupakan suatu kebiasaan untuk memperlakukan seseorang secara istimewa pada hari ulangtahunnya.

Pernah ditanyakan kepada seorang ulama bahwa perayaan hari ulang tahun tidak ada dalam Islam, akan tetapi masih ada pertimbangan bahwa beliau tidak menyarankan dan bahkan menolak tentang perayaan Ulang Tahun seperti misalnya Pesta kue atau mungkin traktir mentraktir. Ulang Tahun harusnya menjadi instrospeksi diri tentang amalan-amalan kita dalam rentang waktu yang telah kita lewati, dan supaya ke depan lebih baik lagi. Beliau tidak memberikan hukum haram atau mubah, akan tetapi menitikberatkan pada pola pemanfaatannya dalam memaknai Ulang Tahun.
Yang jelas diusiaku yang 39 tahun ini, waktunya untuk selalu muhasabah diri, apa yang sudah saya berikan untuk Allah, Rosul, Islam , bangsa dan negara,serta keluarga dan teman-teman..Bermanfaatkah umur saya selama ini ?, Astaqfirrullah
Makna yang paling mendalam bagi saya dalam usiaku yang ke 39 adalah sebuah peringatan (reminder) bahwa jatah waktu saya hidup di dunia semakin berkurang yang artinya persiapan saya harus semakin matang untuk menuju kehidupan yang lebih kekal.Moment untuk review kehidupan sebelumnya dan membuat planning kedepan yang lebih bermakna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar