Jumat, 05 Juni 2009

Menteri Kesehatan Resmikan 9 Poskestren Yang Dikelola LDII


Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dr. dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP(K) meresmikan 9 Pos Kesehatan Poskestren yang sikelola LDII secara simbolis dipusatkan di Ponpes Nurul Huda Lampung Serbajadi II Pemanggilan Natar Lamsel, Kamis 4 Juni 2009.
Menteri Kesehatan mengemukakan bahwa Depkes membantu pembangunan Poskestren yang dikelola LDII pada tahun 2008 sebanyak 19 buah dan pada tahun anggaran 2009 sebanyak 30 buah. Kami melihat LDII sebagai ormas islam besar di indonesia yang berkomitmen membangun bangsa yang besar termasuk dalam bidang kesehatan, maka Depkes tidak ragu-ragu membantu LDII," terang pejabat negara yang berkomitmen besar dengan kesehatan ini.

Menteri Kesehatan menambahkan bahwa Poskestren sebagai perwujudan grand strategi Depkes untuk memberdayakan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat termasuk Ponpes. LDII sebagai ormas yang banyak mengelola ponpes diharapkan berperan besar untuk menjaga kesehatan santri dan masyarakat sekitar ponpes.


Ketum DPP LDII Prof. Dr.Ir.KH Abdullah Syam M.Sc. APU menjelaskan bahwa LDII mengelola 200-an ponpes. Adapun Poskestren yang diresmikan pada tanggal 4 juni 2009 ini adalah:
1. Poskestren Nurul Huda Lampung
2. Poskestren El-Musawwa Serang Banten
3. Poskestren Nurul Aini Jakarta Selatan
4. Poskestren Baitul Amal Bandung Jabar
5. Poskestren Nurul Iman Bandung Jabar
6. Poskestren Al-Kautsar Cirebon Jabar
7. Poskestren Al-Hidayah Banjar Baru Kalsel
8. Poskestren Nurul Islam Samarinda Kalimantan Timur
9. Poskestren Roudhotul Jannah Makasar Sulawesi Selatan.
Poskestren yang akan diresmikan pada kesempatan berikutnya ada 10 Poskestren.

Ketum LDII menjelaskan setiap Poskestren memperoleh bantuan 54 juta rupiah untuk membangun gedung Poskestren dan 2 juta rupiah untuk peralatan/perlengkapan Poskestren. Namun kami menambah dana pembangunannya secara swadaya. Misalkan Poskestren Nurul Huda Lampung menghabiskan dana sampai sampai sembilan puluh jutaan.

Ketum LDII menambahkan bahwa selain melayani santri pondok juga melayani masyarakat sekitar pondok. Poskestren ditargetkan melaksanakan fungsi promotif (peningakatan kesehatan), Kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemeliharaan).

Peresmian dilaksanakan dengan menandatangani 9 prasasti dan peninjauan Poskestren Nurul Huda Lampung. Peresmian dihadiri Gubernur Lampung yang diwakili Asisten III, Bupati Lamsel , jajaran Pemrov Lampung dan Pemkab Lamsel, Rektor Unila, Kakanwil Depag Propinsi Lampung dan Kabupaten Lamsel, masyarakat serta warga dan pengurus LDII se Propinsi Lampung.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mesjid serbajadi sudah jadi beum ya pak??

kuspratiknyo mengatakan...

Alhamdulillah, hampir jadi. Kebetulan tadi malam saya ke pondok. Sambil nunggu imam sholat saya lihat-lihat bangunan masjid...Masya Alloh, mesjidnya kalau sudah jadi sangat megah, indah dan nyaman.

Posting Komentar