Rabu, 15 Juli 2009

Flu Babi Sebaiknya Anda Kenal Juga

APAKAH FLU BABI?
Flu babi adalah penyakit saluran pernapassan pada babi yang disebabkan oleh virus influenza tipe A. Penyakit ini terjadi pada babi. Secara normal flu babi tidak menyerang pada manusia, tetapi saat ini dapat menginfeksi manusia. Secara umum, kasus flu babi pada manusia terjadi pada orang-orang disekitar babi, tetapi dapat juga menularkan dari orang ke orang.
APAKAH terjadi infeksi flu babi pada manusia di Amerika?
Pada akhir maret dan awal April 2009, dilaporkan kasus pertama pada manusia karena infkesi virus influenza babi tipe A (H1N1) di Mexico dan menyebar ke California, Texxas dan New York. CDC bekerjasama dengan Departemen Kesehatan Mexico terus menyelidiki kasus ini.
Apakah Virus influenza babi menular?
CDC telah mebuktikan bahwa virus ini dapat menular dari manusia ke manusia.
Bagaimanakah gejala dan tanda flu babi pada manusia?


Gejala dari influenza babi pada manusia adalah mirip dengan gejala influenza biasa pada manusia seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, tubuh nyeri, sakit kepala. Beberapa orang dapat disertai dengan diare dan muntah. Pada keadaan berat (pneumonia dan gagal napas) dapat menyebabkan kematian, selain itu flu babi dapat menyebabkan suatu perburukan pada kondisi medis kronis.Jika anda sakit dan adanya tanda-tanda diatas, sebaiknya mencari sarana pelayanan medis.
Seberapa serius kah influenza babi?
Seperti influenza musiman, flu babi pada manusia dapat terjadi ringan sampai yang berat. Dari 2005 sampai Januari 2009, 12 kasus flu babi pada manusia yang terdeteksi di Amerika, tanpa adanya kematian. Bagaimanapun infksi flu babi dapat menjadi serius. Pada September 1988, wanita berusia 32 tahun dengan keadaan hamil tua di Winconsin, dirawat dengan pneumonia setelah terinfeksi flu babi dan meninggal 8 hari kemudian. Wabah flu babi di Fort Dix, New Jersey terjadi pada tahun 1976, menyebabkan 1 kematian. Di Mexico dalam waktu 2 minggu telah ada 1300 orang diduga terinfeksi flu babi, dan sekitar 86 orang meninggal dunia, dimana 22 orang dinyatakan konfirm flu babi.
Bagaimanakah penularan flu babi?
Penularan virus flu babi melalui 2 cara:
Melalui kontak babi yang terinfeksi atau lingkungan yang terkontaminasi oleh virus flu babi
Melalui kontak dengan penderita flu babi. Juga penularan manusia ke manusia, telah dilaporkan sama dengan influenza musiman.
Apakah ada obat untuk flu babi?
Ada. Rekomendasi CDC adalah menggunakan oseltamivir atau zanamivir untuk pengobatan dan pencegahan infeksi virus flu babi. Obat anti virus merupakan obat resep (pil, cair atau inhaler) untuk memerangi virus influenza di dalam tubuh kita. Jika sakit, obat antivirus dapat mengurangi penyakit ini dan akan lebih cepat sembuh. Untuk pengobatan, obat antivirus ini segera diberikan 2 hari setalah gejala muncul (hampir sama dengan pengobatan flu burung).
Berapa lama infeksi flu babi dapat menyebar?
Orang yang terinfeksi virus influenza babi berpotensi menular pada lainnya saat masih merupakan gejala dan sampai 7 hari masih dapat menularkan. Anak-anak, terutama yang muda, berpotensi menularkan lebih panjang periodenya.Masa inkubasi penyakit ini : 3-5 hari.
Perlindungan apa yang harus dilakukan agar tidak menjadi sakit?
Tidak ada vaksin yang dapat melindungi dari influenza babi. Kegiatan sehari-hari adalah mencegah penyebaran karena ILI. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:Tutp hidung dan mulut dengan tissue pada saat batuk atau bersin, kemudian buanglah tissue yang telah dipergunakan ketempat sampah.Cuci tangan dengan sabun dan air, terutama setelah batuk atau bersin. Menggunakan hand clean berbahan dasar alkohol juga efektif.Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit
Apabila mengalami sakit influenza, sesuai dengan rekomendasi CDC agar tinggal di rumah tidak bekerja atau sekolah, dan mengurangi kontak dengan orang lain untuk mencegah penularan. Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut, karena merupakan tempat jalannya penyebaran penyakit.
Apa yang dilakukan bila sakit?
Kalau ditemukan gejala seperti ini maka laporkan ke Puskesmas dan RS rujukan flu burung.Apabila anda sakit, sebaiknya tinggal dirumah untuk menghindari kontak dengan orang lain dan untuk menghindari penyebaran penyakit anda.Pada anak-anak tanda-tanda darurat yang perlu diperhatikan:Napas cepat atau gangguan bernapas.Warna kulit kebiru-biruan
Tidak cukup cairan yang diminum Anak terlihat lesu/pucat Gejala ILI dengan demam dan batuk yang berat Demam dengan ruam
Pada dewasa tanda-tanda darurat yang perlu diperhatikan:
Kesulitan napas atau napas pendek
Nyeri atau terasa tekanan di dada atau perut
Sakit kepala mendadak (sudden dizziness)
Bingung (confusion)
Muntah (Vomiting)
Dapatkah tertular flu babi melalui makanan?
Tidak . Virus influenza babi tidak menular melalui makanan.
Langkah-langkah yang dimabil Depkes
Mewaspadai kemungkinan masuknya virus tersebut ke wilayah Indonesia dengan meningkatkan kesiapsiagaan di pintu-pintu masuk negara, terutama pendatang dari negara-negara sedang terangkit, dengan menggunakan „health Alert Card“
Mewaspadai semua kasus dengan gejala influenza (ILI) dan segera menelusuri riwayat kontak dengan binatang (babi).Stop import daging babi dari negara terjangkit (Deptan).
Daftar KKP dengan peralatan Thermal Scanner
Batam
Denpasar
Dumai
Jakarta
Makasar
Manado
Mataram
Medan
Semarang
Surabaya
Tanjung Pinang
Daftar KKP yang memiliki peralatan body cleaner:
Denpasar
Jakarta (Cengkareng)
Tanjung Priok
Makasar
Mataram
Medan
Semarang
Surabaya
Daftar Laboratorium Yang dapat memeriksa specimen
Lab Litbangkes Jakarta
Lab Lemb Eijkman, Jakarta
Lab Mikrobiologi FK Universitas Islam Sumut
Lab Mikrobiologi FK UI, Jakarta
Lab Mikrobiologi FK UNDIP
Lab Mikrobiologi FK Udayana, Bali
Lab Mikrobiologi FK UNHAS, Sulsel
BBLK Palembang, Sumatra selatan
BBLK Surabaya, Jawa Timur
BBLK Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar