Kamis, 09 Juli 2009

Tips Menjaga Ginjal Sehat di Usia Muda


Ingin menjaga ginjal sehat di usia muda. Apalagi bagi Anda yang suka bekerja di depan komputer dan duduk dalam jangka waktu lama. Rata-rata mereka melupakan minum air putih.

Untuk itu sediakan 2 gelas air putih dan minumlah tiap jam 1 jam sekali. Tentu saja hindari merokok serta makan-makanan berlemak.

"Selain minum air putih, hindari makan-makanan berlemak dan merokok. Jangan lupa seimbangkan berat badan dengan olah raga yang teratur dan terjadwal. Bila sudah teratur, maka hidup sehat bisa dilakukan," kata ahli ginjal RSU dr Soetomo Surabaya, Prof Dr dr Yogiantoro SpPD kepada detiksurabaya.com, Jumat (3/7/2009).

Prof Yogi, rata-rata orang yang bekerja di depan komputer jarang bergerak. Sehingga tubuhnya melar. Apalagi setiap saat ditemani dengan camilan atau snack di samping mejanya. Bila pria batasi ukuran lingkar perut sampai 90 cm dan wanita 80 cm.

Namun bila seseorang sudah terkena batu batu ginjal (kalsium oksalat) sebaiknya menghindari bayam, coklat, minuman cola, bir, kacang, strawberry, gandum, teh dan kopi.

Makanan yang menyebabkan batu ginjal, juga asam urat, harus pula dihindari, seperti jeroan, kambing, emping mlinjo dan seafood.

1 komentar:

nindrianto mengatakan...

artikel2nya bagus...tinggal dioptimasi lagi teknik2 blog lainnya....hehe...ilmu2 blogging banyak mas..tinggal manfaatin google aja...thanks tlah mampir di blog saya...

Posting Komentar